Kamis, 19 Agustus 2010

Bentuk Grup Band - Dari Persiapan Visi-Misi Hingga Lagu Baru

Pertama kali yang harus dilakukan saat membuat sebuah grup band adalah menyamakan visi dan misi antar personel. Memang ini klise, tapi ini dasar. Banyak band baru yang bubar gara-gara visi dan misinya nggak jelas. Mengingat hal tersebut, grup band harus menciptakan suasana yang komunikatif antar personel. Mengetahui karakter, kemauan, impian dan cita-cita antar personel.




Selanjutnya adalah nama band. Jangan terlalu percaya jargon "apalah arti sebuah nama". Pikirkan nama band indie / band kafe yang sekiranya bisa mewakili karakter dan terbaik untuk band kamu.


Warna musik juga tak boleh dilupakan. Tentukan warna musik band yang akan kita buat. Cobalah nge-jam di studio, keluarkan uneg-uneg bermusik sebebasnya. Tuangkan berbagai keunikan-keunikan yang ada di setiap personel. Untuk band baru, ada baiknya lebih kreatif dan inovatif. Cobalah mencari alternatif lain dari "musik band-band umum" yang sedang banyak di push banyak media. Tapi bukan berarti melakukan itu karena terpaksa, tapi sesuai dengan karakter masing-masing personel.




Kalau membuat band pop/band cafe, jadilah band pop dengan warna baru, begitu juga dengan genre yang lainnya. Jangan sampai jargon "meramaikan blantika musik Indonesia" berubah jadi "menyeragamkan belantika musik indonesia". Jadilah idola pencinta lagu dengan kreativitas. Be creative!


Membuat demo.Demo pertama haruslah mantap! Karena lagu kamu akan jadi "first impression" bagi orang-orang dan banyak pihak terutama media. Matangkan lagu kamu dengan latihan dan briefing yang rutin. Sebelum membuat demo track(album baru), buatlah dulu demo 'live'. Demo live biasanya merekam lagu selagi latihan. Setelah itu, dengarkan bersama-sama dan cari kekurangannya. Dengan begitu, kita bisa lebih mematangkan aransemen lagu menjadi lebih mantap.


Manage band. Kalau kita mulai tidak nyaman dengan mengerjakan perihal managerial sendiri, mulailah mencari manajer band. Tugas utama seorang manajer adalah mengurus segala kebutuhan band akan panggung, mengkondisikan keuangan band biar efektif dan stabil, dan yang penting adalah sebagai pihak yang bisa menangani masalah-masalah internal di band atau manajemen band.


Link and movement! Buatlah demo band kita berguna dan didengarkan. Untuk movement awal bisa membuat account di myspace.com, purevolume.com, friendster dan fasilitas gratis lainnya di internet. Di sisi lain, jangan ragu untuk lebih dekat lagi dengan orang-orang media, seperti sesekali mendatangi music director (MD) radio-radio yang sekiranya kompeten untuk mengomentari musik, jurnalis media cetak, label rekaman dll.


Mencipktan lagu sendiri. Ada beberapa tips sederhana yang bisa dicoba agar tidak kehabisan kata-kata ketika membuat lirik lagu ala penulis lagu profesional. Di antaranya adalah banyak membaca. Bila perlu memerhatikan dan menikmati lirik lagu ciptaan orang lain. Ini bukan dengan tujuan mencontek, tapi benchmarking. Proses benchmarking itu melalui tahapan ATM (Amati, Tirukan, dan Modifikasi).


Artinya, jika kita ingin memiliki lirik yang bagus dari lagu-lagu kita, jangan malu untuk mendengarkan karya orang lain. Amati lirik-liriknya, kemudian tirukan. Hanya saja jangan berhenti di sini, tapi Anda harus melakukan modifikasi. Ambil yang bagusnya, hilangkan yang kurang bagus, dan kita kreasikan dengan lirik hasil ciptaan kita sendiri. Proses ini sama dengan penulisan nonfiksi pada umumnya.


Banyak-banyalah berlatih. Artinya, semakin bagus seseorang membuat sebuah tulisan (termasuk lirik lagu), itu berbanding lurus dengan seringnya dia berlatih. Karena jenis ini termasuk keterampilan. Makin sering diasah makin lihai.


Yang terakhir, jangan berhenti berinovasi dan berkreasi. Bisa dilakukan dengan terus mencoba hal-hal baru. Jangan takut salah, jangan takut jelek, juga jangan takut gagal. Lakukan saja dengan penuh ketelatenan dan kerja keras.

Tidak ada komentar:

Untuk Download Lagu XXL, Anda bisa berkunjung ke link Berikut : Download Lagu XXL Download Music XXL Download Video Live XXL