Selasa, 29 April 2014

Melodic Punk

Pendahuluan 
Musik Punk telah berkembang seiring dengan tuntutan pasar yang menginginkan kualitas melodic yang easy listening, Kalau biasanya melodic punk lebih terfokus untuk memprovokasi massa, atau selalu punya tujuan membangkitkan semangat dan emosi massanya, para pengusung melodic punk lebih concern kepada musik yang mereka mainkan.

Maka dari itu timbul Punk melodic yang cenderung mengusung melodic yang yang terkesan romantis tetapi tidak meninggalkan unsur punknya.


Sebelum kita membahas tentang perkembangan musik punk, tidak salah kalau kita tau tentang historis dari punk. Kultus skinhead (Punk) pertama kali muncul sekitar tahun 1940an. Ada beberapa factor yang mendukung berkembangnya kultus ini.

Sejatinya embrio punk berasal dari hidup yang serba susah. Saat itu, banyak anak muda yang dilahirkan tanpa ayah karena meninggal dalam Perang Dunia II. Tahun 1960-an mereka jadi remaja, dan tiba-tiba saja mereka merasakan betapa susahnya hidup. Mereka menyalahkan pemerintah yang telah menggiring ayah-ayah mereka ke medan perang.


Situasi itu menumbuhkan generasi bunga (flower generation). Kerja mereka berdemonstrasi di jalanan, dengan membagi-bagikan bunga, dan berbusana motif bunga. Momentum ini menandai kelahiran kaum hippies.

Ketika protes menemui jalan buntu, mereka tenggelam dalam kesendirian,. Gaya hidup hippies merebak dengan cepat dan membawa nilai-nilai baru: antimiliter, antiperang, antiagama, dan beragam anti-anti lain, tak terkecuali anti-norma dan seks bebas.

Merebaknya gaya hidup hippies ditandai oleh anak-anak berbusana skater yaitu memakai celana berpipa ekstra lebar dengan motif menyala, mengenakan manik-manik, sandal, jaket, atau mantel bulu. Bertolak belakang dari raut wajah militer, mereka membiarkan rambutnya panjang tergerai. Sebagian di antaranya memelihara kumis dan jenggot. Mereka pun dekat dengan segala jenis madat, mulai heroin sampai ganja.

Kecenderungan hidup semacam itu menimbulkan reaksi kaum muda lain. Muncul generasi baru: skinhead (Punk). Kepala mereka botak, atau sedikitnya cepak, bercelana jins pudar yang digulung sampai mata kaki hingga sepatu larsnya kelihatan. Di dalam benak mereka, tertanam prasangka bahwa gaya hippies telah membawa masyarakat pada sikap pasif.

Permusuhan skinhead dan hippies berlangsung, dan memasuki tempo tinggi menjelang paruh akhir 1960-an. Yang menarik, mereka sama-sama anti-kemapanan.

Anak-anak muda Inggris, yang juga anti kemapanan (para anak punk / Skinhead). Mereka ingin memberikan gaya baru dari style punk, beramai-ramai mereka mencukur rambut. Tak sampai gundul habis, di tengah-tengahnya disisakan rambut, yang mereka sebut mohawk, atau kadang disebut gaya mohican.

Para musisi punk menyebut gitaris dari band punk The Ramones Johnny Ramone sebagai bapak dari punk, The Ramones awalnya dibentuk oleh Cummings bersama Dee Dee dan Joey pada tahun 1974. Pada saat itu Joey berperan sebagai penggebuk drum namun kemudian menjadi vokalis utama ketika manajer Tommy, teman sekolah Cummings, mengambil alih drum.
Band Ramones tercatat sebagai salah satu band punk rock terkenal di klub New York CBGB selama tahun 1975-1976 bersama beberapa band seperti Patti Smith Group, Televesion dan Heartbreakers. The Ramones menandatangi kontrak di Amerika bersama Sire Records tahun 1976 namun sukses terbesar mereka terjadi di Inggris.

Tiga album pertama the Ramones memberikan pengaruh sangat besar bagi perkembangan musik punk dunia. Lewat empat albumnya berhasil nangkring di top 40 tangga lagu Inggris dalam kurun waktu 1978-1980. Sukes komersil terbesarnya diraih bersama the Phil Spector memproduksi “End of the Century” dan single dari the Ronettes “Baby I Love You” tahun 1980.

Band Ramones tidak hanya menjadi kiblat bagi para musisi punk di Indonesia bahkan bagi musisi punk di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Untuk Download Lagu XXL, Anda bisa berkunjung ke link Berikut : Download Lagu XXL Download Music XXL Download Video Live XXL